Mencuci motor adalah salah satu tindakan perawatan yang tidak boleh diremehkan. Pasalnya, sepeda motor yang jarang dicuci akan membuat komponennya cepat rusak karena terpapar kotoran. Oleh karena itu, motor jenis apa pun perlu dicuci agar bersih. Berikut ini tips cara mencuci motor matic yang benar.

  1. Bersihkan bagian bawah mesin

Saat mencuci motor matic, Anda perlu menyiram motor dengan air terlebih dahulu kemudian bersihkan bagian bawah mesinnya. Saat membersihkan area bawah, sangat disarankan agar tidak terlalu banyak menyiram air. Gunakan spons, kain, serta sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian tertentu tergantung bagian yang akan dibersihkan.

  1. Gunakan sampo khusus

Gunakan sampo khusus untuk membersihkan motor matic agar bodi motor tampak bersih dan mengkilap setelah dicuci. Gunakan alat pembersih yang permukaannya lembut agar bodi motor tidak tergores. Selain menggunakan alat yang lembut, Anda juga harus membersihkan motor dengan hati-hati, yaitu dengan mengusapnya lembut.

  1. Angin-anginkan

Jika sudah selesai, bilas motor dengan air bersih. Pastikan bahwa sudah tidak ada lagi busa atau sisa sampo yang menempel pada motor, kemudian angin-anginkan motor. Hindari menjemur motor di bawah terik matahari secara langsung karena berpotensi merusak. Setelah diangin-anginkan, lap kembali motor.

Dengan begitu, motor benar-benar kering saat dipakai sehingga mesinnya tidak akan mogok di tengah jalan.

 

Cara Mencuci Motor Matic yang Benar
Scroll to top