Artikel ini akan membahas tentang nyeri perut kiri bawah. Juga akan dibahas tentang penyebab, gejala dan tips mengatasinya. Kondisi sakit perut memang bisa terjadi kapan saja, menyerang siapa saja karena berbagai sebab. Untuk itu, perlu kiranya memperhatikan kondisi ini meskipun gejalanya ringan. Karena dalam sejumlah kasus, nyeri perut bisa jadi merupakan sebuah indikasi adanya masalah masalah atau penyakit tertentu di tubuh.  Salah satu hal yang tepat adalah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan segera, jika mengalami rasa nyeri perut kiri bawah.

Sakit perut memang tidak menyenangkan. Mengganggu kenyamanan badan dan mengganggu aktivitas. Ada banyak penyebab sakit perut dan efeknya. Letak sakit perut juga beragam. Ada yang sakit di bagian perut atas, sakit perut di bagian kanan bawah, kiri dan lainya.

Jika terasa nyeri pada perut bagian kiri bawah, mungkin disebabkan karena beberapa hal, seperti misalnya adanya gangguan sistem pencernaan, keracunan makanan, alergi atau bisa juga karena kram akibat datang bulan khusus bagi wanita.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa nyeri perut kiri bawah?

Untuk mengobati rasa nyeri di perut kiri bawah,  adalah menyesuaikan penyebabnya. Tiap gejala bisa saja disebabkan oleh jenis gangguan berbeda maka penangananya pun berbeda beda.

Jika kondisi rasa nyeri perut kiri bawah tergolong ringan. Maka biasanya cukup ditangani secara sederhana dengan beberapa hal. Seperti misalnya mengonsumsi obat obatan dan juga  istirahat secukupnya sampai rasa nyeri berkurang. Tapi, jika gejalanya kian memburuk, maka lebih baik ditangani dokter secara khusus.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut tidak sembuh sembuh yang ditandai dengan gejala lainnya termasuk diare, muntah muntah dan demam. Sebelum ke dokter, jika mengalami rasa nyeri perut kiri bawah, bisa melakukan langkah langkah penanganan awal dan rekomendasi obat penghilang nyeri perut kiri bawah seperti berikut ini.

Penanganan Awal sakit perut kiri bawah

Penanganan awal yang bisa dilakukan untuk kurangi nyeri perut kiri bawah adalah sebagai berikut :

  • Jika terasa nyeri perut sebelah kiri, sebaiknya berbaring dan istirahat secukupnya sampai sakitnya berkurang.
  • Sambil berbaring, bisa juga mengompres perut sebelah kiri yang sakit pakai handuk yang sudah direndam air hangat.
  • Perbanyak juga konsumsi air putih, minum dengan perlahan. Jangan minum kopi, teh atau minuman bersoda dan beralkohol.
  • Anda juga harus jauhi konsumsi obat anti inflamasi seperti aspirin, ibuprofen, nonsteroid. Sebaiknya juga menjauhi makanan berlemak dan makanan pedas untuk meminimalisir rasa sakit.
  • Pada kondisi ini, walaupun bisa saja nafsu makan turun. Tapi tetap usahakan anda harus makan, coba konsumsi makanan yang ringan seperti roti, nasi, pisang atau biskuit, mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit. Asupan yang masuk akan membantu meningkatkan energi anda.
  • Tapi, kalau sakit perut sebelah kiri bawah belum sembuh sembuh dan malah semakin parah yang ditandai dengan gejala lain seperti demam, mual, muntah, tinja berdarah, perut buncit dan sakit ketika disentuh. Maka segera periksa ke dokter atau UGD terdekat untuk mendapatkan penanganan segera dengan maksimal.

Nah itulah tadi informasi tentang nyeri perut kiri bawah. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan rasa nyeri tersebut. Begitu juga dengan gejala dan efek efek yang dirasakan bisa saja berbeda beda.

Maka dari itu, cara mengatasi nyeri perut kiri bawah juga berbeda beda. Jika kondisi sakit perut masih terkendali, artinya tidak menyebabkan efek efek buruk dan parah, maka anda bisa melakukan tips penanganan awal untuk mengatasi nyeri perut kiri bawah. Tapi kalau efeknya sudah cukup buruk, segera ke dokter agar mendapatkan penanganan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Kiri Bawah
Scroll to top