Keberagaman di Indonesia, membuat daerah kepulauan ini memiliki ragam makanan khas dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Salah satu cita rasa nusantara yang lezat dan menggugah selera adalah makanan khas Sumatera Utara. Jika Anda sedang berlibur ke sini atau baru akan merencanakan liburan ke sini, sebaiknya Anda tahu kuliner khas lezat Sumatera Utara yang wajib dicoba. Apa saja? Simak yuk.

Table of Contents

7 Rekomendasi Kuliner Unik Sumatera Utara

  1. Dekke Na Niura

Bahan dasar makanan khas Sumatera Utara yang satu ini adalah ikan mas. Uniknya, ikan tidak dimasak atau dalam keadaan mentah. Ikan mas hanya dibersihkan dan difermentasi, kemudian dioleskan bumbu ke atasnya. Makanan ini biasa disajikan untuk acara adat saja dan diperuntukkan bagi para raja suku batak. Namun, kini semua kalangan bisa menikmatinya, termasuk Anda para wisatawan.

  1. Dali Ni Horbo

Makanan yang satu ini terkenal sangat unik karena bahan utamanya menggunakan susu kerbau yang dibekukan. Mungkin membingungkan bagi Anda yang belum pernah mencobanya. Proses memasak Dali Ni Horbo adalah dengan mencampurkan susu kerbau yang sudah dibekukan ke ampuran bumbu khas Sumatera Utara, salah satunya adalah andaliman.

  1. Manuk Napinadar

Kuliner khas ini biasanya disajikan pada saat upacara adat atau acara khusus. Sekilas memang makanan olahan ayam ini terlihat seperti ayam kampung panggang atau goreng pada umumnya. Memang sebetulnya proses memasaknya serupa namun Napinadar ini memiliki satu bumbu khas Sumatera Utara yang membuatnya berbeda dengan olahan ayam lainnya yang serupa, yaitu andaliman.

  1. Sayur Gurih Tauco

Makanan khas Medan ini berkuah santan yang di dalamnya terdapat daging sapi dan juga udang. Keistimewaannya ada pada kuahnya yang dicampurkan dengan bumbu tauco, sehingga rasa gurih dan aroma pada sayur ini begitu khas. Tauco yang dibuat dengan cara fermentasi ini menghasilkan juga cita rasa yang sedikit asam, namun menyegarkan.

  1. Sambal Tuktuk

Sambal tuktuk tepatnya berasal dari daerah Tapanuli. Sambal ini dibuat menggunakan bahan dasar ikan aso-aso atau dikenal dengan ikan kembung yang telah melalui proses pengeringan. Jenis ikan ini memang melimpah di daerah pesisir Tapanuli. Selain ikan, cita rasa uniknya juga timbul dari adanya bumbu khas Sumatera Utara, andaliman. Inilah yang membuat rasanya berbeda dengan sambal lain.

  1. Mie Gomak

Mie olahan asal Batak Toba ini menggunaan mie lidi sebagai bahan utamanya. Mie gomak diolah dengan kuah kaldu ayam yang diberikan bumbu saus khas serta isian sayur-sayuran. Bumbu khas adnaliman membuat cita rasa mie gomak menjadi pedas dan asam. Mie gomak disajikan dalam dua variasi, yaitu goreng dan kuah.

  1. Bika Ambon

Siapa yang menyangka bika ambon berasal dari ambon? Salah besar. Bika ambon merupakan kudapan khas Sumatera Utara yang terbuat dari tepung, santan, gula, dan kuning telur. Kemudian, setelahnya akan melalui proses fermentasi dengan menambahkan air nira atau air kelapa. Oleh karena itulah, cita rasa yang dihasilkan begitu unik dan khas.

Nah, jangan lewatkan beberapa rekomendasi kuliner rekomendasi kami saat berkunjung ke Sumatera Utara. Karena dijamin, Anda tidak akan bisa mendapatkannya di daerah lain di Indonesia. Selain makanan khas yang kami rekomendasikan, Anda juga bisa mencari tahu makanan khas dari daerah lainnya di Indonesia dengan mengunjungi laman https://rayadventure.com tentang seputar informasi kuliner.

Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal Unik
Scroll to top