Fauna

Cara Memilih Bibit Entok Pedaging berkualitas

Bisnis ternak entok mungkin belum begitu banyak dilirik. Padahal ini bisa menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Meskipun pasaran daging entok tak sebanya daging ayam atau bebek. Namun bagi yang pernah merasakan kenikmatan rasanya, pasti tak enggan untuk kembali mencicipi.

Beberapa usaha kuliner olahan entok banyak ditemukan di pulau Jawa. Yang paling terkenal adalah rica-rica entok. Rasa yang ditawarkan oleh sajian ini sangat unik. Benar-benar mewakili cita rasa nusantara. Perpaduan antara pedas, manis dan gurih adalah ciri khas dari rasa rica-rica entok. Menu makanan ini banyak di sajikan  di kawasan jawa tengah dan sekitarnya.

Semakin lama kuliner ini pun semakin menjamur. Nampaknya ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. lalu, bagaimana cara memulai bisnis ternak entok agar sukses?

Memilih Bibit Entok Yang Berkualitas

Pemilihan bibit menjadi salah satu hal mendasar dalam usaha ternak. Apalagi jika tujuannya adalah untuk memasok bahan baku kuliner. Kualitas akan sangat menentukan harga jual. Jika harga jual tinggi maka keuntungan pun akan semakin besar.

Demikian pula dengan memilih bibit entok. Untuk entok pedaging, pilihlah entok dengan jenis kelamin jantan. Karena memiliki daging yang lebih tebal. Berbeda dengan entok betina yang cocok untuk bisnis entok petelur.

Kemudian, pastikan kesehatan bibit entok. Hal ini bisa dilihat dengan cara jalan entok yang tegap. Bentuk tubuhnya juga tegap dan sangat lincah. Kesehatan entok juga dapat dilihat dari bulunya yang bersih dan tebal. Dan matanya yang jernih.

Ada beberapa jenis entok yang dikenal oleh masyarakat. Seperti Muskovy, Serati dan Peking. Jika ingin ternak entok pedaging, jenis entok peking bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Karena saat masa panen tiba, beratnya bisa mencapai 4-5 kilo.

Persiapkan Kandang Entok Lengkap dengan Kubangan dan Wadah Pakan

Banyak yang mengeluhkan bau dari kandang entok. Untuk itu, siapkan kandang yang memiliki jarak khusus ke pemukiman. Setidaknya ada 10-20 meter agar aroma busuk dari kotoran entok tak sampai ke rumah. Untuk meminimalisir bau tersebut, ada beberapa suplemen yang dapat diberikan ke entok. Suplemen tersebut juga dapat memelihara kesehatan entok.

Kandang entok dapat dibuat dari bambu. Siapkan wadah pakan dan minum di dalam kandang. Karena entok membutuhkan genangan air untuk bermain dan berjemur, maka gunakan setengah dari bagian kandang untuk kubangan. Dan sisanya adalah daerah kering sebagai tempat memberi makan.

Hal yang tak kalah pentingnya saat membuat kandang entok adalah memastikan adanya saluran air yang mengalir. Sehingga kotoran entok tak menggenang. Namun dapat mengalir dan terbuang setiap hari. Dengan begitu bau busuk juga dapat diminimalisir.

Perhatikan Jenis dan Jadwal Pemberian Pakan

Agar entok tumbuh sehat dan berbobot maka harus diberikan pakan yang memenuhi kebutuhan nutrisinya.  Di awal, dapat diberikan pelet dan konsentrat. Dua minggu kemudian, berikan campuran biji-bijian dan umbi-umbian.  Bisa juga ditambah dengan ampas tahu. Penambahan jenis pakan berulang dua minggu berikutnya. Bisa dengan tambahan keong, bekatul, ikan runcah, menir dan nasi aking.

Tiga hal tersebut adalah hal yang paling mendasar dalam bisnis ternak entok pedaging. Selebihnya masih ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Zonaternak.com menyediakan berbagai informasi bermanfaat tentang dunia peternakan. Sebelum memulai bisnis tersebut, maka tak ada salahnya untuk menggali informasi lebih detail.

Tak ada yang menjajikan kemudahan dalam menjalani sebuah bisnis. Yang perlu dilakukan adalah memulai dan memahami setiap resiko yang harus dihadapi. Setelah itu, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang setara.