29

 

Apakah Anda sering merasa kesulitan pada saat menemukan file dokumen atau foto di laptop Anda? Tentu ini akan sangat menjengkelkan terlebih jika dokumen tersebut dibutuhkan saat ini juga. Itu tandanya Anda harus merapikan file yang ada di komputer Anda saat ini juga. Melihat file di komputer yang berantakan sudah tentu akan merugikan Anda sendiri nanti. Anda akan mengalami kesulitan saat mencari dokumen tertentu. Bahkan di bagian penyimpanan pun akan terlihat begitu berantakan. Tidak hanya pada bagian penyimpanan saja tapi layar dekstop jadi sering ikut-ikutan berantakan. Padahal merapikan file di komputer akan membuat Anda jadi lebih mudah dalam menyusun ataupun menemukan dokumen yang tengah dibutuhkan. Tidak hanya itu, tampilan laptop Anda pun akan terlihat lebih rapi nanti.

Table of Contents

Software untuk Merapikan File Komputer yang Mudah Digunakan

Jika Anda tidak betah melihat folder atau file dokumen yang berantakan, sebenarnya Anda bisa gunakan software dan bisa juga tidak. Anda bisa gunakan fitur library yang biasanya sudah tersedia di windows 7 dan windows 8 yang akan memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan file disana. Sama dengan namanya yakni library dimana Anda bisa masukkan file-file secara berkelompok misalnya my music. Pastikan di folder ini hanya ada musik dan audio yang Anda masukkan. Sementara file lain bisa diletakkan di tempat lain. Jadi dengan begitu, Anda bisa mudah mengakses file di kemudian hari. Selain dengan fitur library, Anda juga bisa gunakan folder. Dengan folder ini, file yang berantakan akan terlihat lebih rapi dan teratur. Anda dapat membuat folder untuk menjadi solusi terbaik saat ini. Dengan folder ini juga Anda bisa membuat kategorisasi pada file. Jadi misalnya Anda punya sebuah gambar dan ingin meletakkannya di folder gambarku.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat ingin file komputer terlihat lebih rapi dan memudahkan Anda dalam menemukan file yang dicari adalah melakukan organisir berdasarkan kategori atau bisa juga berdasarkan jenisnya. Misalnya ada file dokumen dari kuliah. Anda bisa atur mana file yang berasal dari Microsoft Word, mana yang dari Microsoft Excel dan mana yang dari Microsoft Power Point. Ini akan membuat Anda mudah dalam menemukan file yang tengah dicari saat ini. Tidak ada salahnya juga mengorganisir menurut tanggalnya karena ini juga akan sangat membantu nanti. jika Anda melakukan pencarian pada file dan sebelumnya Anda sudah memberi nama folder dengan tanggal. Tapi Anda juga harus menyematkan deskripsi baik di awal atau di akhir tanggal. Misalnya 04-04-2020 Liburan Ke Zoo.

Manajemen Penyimpanan File Di Komputer Akan Memudahkan Segalanya

Jika penyimpanan file di komputer Anda sudah rapi, bukankah ini akan memudahkan Anda sendiri nanti? Tentunya Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari file yang diinginkan. Selain itu, Anda juga tidak bole menunda meletakkan file di tempat yang seharusnya. Karena kebanyakan pengguna komputer sering menunda penyimpanan file di tempat yang tepat sehingga membuat file-file jadi berantakan kembali. Selain itu Anda juga harus prioritaskan pada kerapian dan keteraturan sebelum menyimpan file. Jika Anda selalu saja menunda dan file jadi berserakan tentu Anda pun akan malas untuk merapikan file kembali. Sebaiknya setiap file yang dibuat langsung tempatkan pada folder yang tepat karena ini akan berdampak baik untuk Anda kedepannya. Jika masih ingin informasi lebih lanjut, klik sumber ini.

 

Software untuk Merapikan File Komputer dengan Baik dan Mudah Digunakan
Scroll to top