Jika anda merasa lelah dan suntuk dengan aktivitas sehari-hari, anda mungkin butuh liburan. Liburan tidak selalu harus ke luar negri atau tempat mahal yang menghabiskan uang. Anda juga bisa pergi ke destinasi wisata lokal. Salah satu destinasi wisata yang masih belum begitu populer adalah sumatera barat. Provinsi ini terletak di bagian selatan pulau sumatera dan kerap disingkat menjadi sumbar. Sumbar tidak hanya menawarkan keindahan wisata alamnya, namun juga suasana kota yang khas. Karena ciri khas kota-kota tersebut, tidak jarang destinasi wisata menjadi headline berita sumbar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kota beserta destinasi wisatanya yang wajib anda kunjungi ketika di sumbar.

Table of Contents

Destinasi Wisata Kota Sumbar yang Akan Mengundang Decak Kagum

  1. Jam Gadang

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang jam gadang. Bangunan ini adalah salah satu bangunan histori yang usianya sudah menginjak 90 tahun. jam gadang berbentuk menara yang pada puncaknya terdapat jam raksasa. Dari situlah bangunan ini memperoleh namanya. Jam gadang terletak di kota Bukittinggi. Menurut sejarah, bangunan ini dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek berkebangsaan indonesia bernama Sutan Gigi Ameh dan Yazin. Dana yang dihabiskan untuk membangun menara ini sebesar 3000 gulden, mata uang saat itu. Bangunan ini dibangun setelah ratu belanda memberi mesin jam raksasa pada sekretaris kota Bukittinggi pada masa itu, sekretaris tersebut bernama Rook Maker. Jika anda ingin mengetahui sejarah jam gadang lebih lanjut, pastikan untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

  1. Istano Basa Pagaruyung

Istano dalam bahasa indonesia berarti istana. Tempat wisata ini merupakan istana kerajaan pagarayung, salah satu kerajaan yang pernah berjaya di sumbar. Istano Basa Pagaruyung terletak di Tanah Datar. Sayangnya, bangunan yang terdapat objek wisata ini bukanlah bangunan aslinya. Bangunan asli istana terletak di Bukit Batu Patah namun sudah habis dimakan api. Untungnya, ada beberapa peninggalan yang masih terawat dengan baik dan dipamerkan di istana baru. Bangunan baru istana tidak kalah megah dan menarik. Anda bisa menyewa baju adat minang dan berfoto. Selain itu, ada juga pemandu wisata yang bisa menjelaskan lebih lanjut tentang sejarah istana ini.

  1. Pantai Air Manis

Meskipun bernama pantai air manis, rasa air di pantai ini tetap asin seperti pantai-pantai pada umumny. Anda pasti pernah mendengar tentang kisah Malin Kundang. Kisah tersebut menceritakan tentang anak yang dikutuk menjadi batu lantaran telah durhaka pada ibunya. Batu yang disebut-sebut sebagai batu Malin Kundang terdapat di pantai ini. Selain itu, anda bisa menikmati keindahan laut atau berenang di tepi pantai. Ombak di pantai air manis tergolong kecil sehingga aman untuk berenang di tepiannya. Jika beruntung, anda bisa bertemu dengan dengan nelayan selepas melaut dan membeli ikan yang masih segar. Banyak wisatawan suka membeli ikan segar tersebut untuk dinikmati dengan cara di bakar di pinggir pantai.

Kekayaan Alam Sumbar yang Wajib Dijaga

Sumbar memang terkenal dengan kekayaan alamnya. Banyaknya destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam membuat wisatawan lokal dan asing berdatangan. Selain kekayaan alam, sumbar juga menawarkan destinasi wisata bersejarah. Nilai-nilai sejarah ini harus benar-benar di jaga. Jangan sampai karena banyaknya wisatawan yang datang justru merusak nilai sejarah di kota sumbar. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga destinasi wisata di sumbar adalah tidak mencorat-coret, berlaku sepantasnya, serta menjaga kebersihan terutama di area bersejarah.

Liburan Sambil Belajar, Inilah Destinasi Wisata Kota di Sumbar Mengandung Sejarah
Scroll to top