Tidak hanya pantai dan taman, pulau juga salah menjadi satu objek wisata di Jakarta yang menarik. Kepulauan Seribu adalah salah satu kabupaten di bawah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pulau-pulau di sana banyak yang menjadi destinasi wisata alam. Pulau-pulau mana sajakah itu?

Table of Contents

7 Pulau Kepulauan Seribu Objek Wisata di Jakarta

Pulau-pulau ini tidak hanya dijadikan tempat wisata, tetapi juga area konservasi dan penangkaran.

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang terhubung dengan Jembatan Cinta. Pulau Tidung besar adalah pulau berpenghuni dengan fasilitas wisata lengkap seperti homestay, tempat makan, dan tempat sewa sepeda.

Pulau Tidung Kecil sendiri adalah tempat penelitian dan konservasi hutan bakau. Di Pulau Tidung, Anda bisa snorkeling dan diving di air laut yang jernih tanpa polusi.

2. Pulau Semak Daun

Pulau objek wisata di Jakarta satu ini terkenal sebagai tempat berkemah, bahkan ada tempat menyewa tenda dan membeli air minum. Pulau Semak Daun tidak berpenghuni.

Anda bisa berkemah di atas pantai putih dan laut jernih, atau snorkeling melihat pemandangan terumbu karang di bawah laut. Di sini juga ada tempat penangkaran penyu dan hiu.

3. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari dulu dikenal sebagai Pulau Purmered atau Pulau Sakit karena digunakan pemerintah Belanda sebagai tempat pengasingan orang sakit. Sampai sekarang, Anda masih bisa berwisata sejarah melihat reruntuhan benteng dan pos pengawasnya.

Di Pulau Bidadari juga ada area konservasi alam untuk hutan bakau serta pohon dan hewan langka. Ada pohon satitih, rusa botol, bahkan lumba-lumba. Anda bisa bermain watersport di sini, seperti banana boat, jet ski, dan kano. Disediakan juga resort di atas laut bergaya kampung nelayan Minahasa di Sulawesi utara.

4. Pulau Pramuka

Objek Wisata di Jakarta satu ini adalah pulau berpenghuni dengan fasilitas umum yang lengkap. Anda bisa snorkeling, diving, dan island hopping alias menjelajah pulau-pulau sekitar.

Kalau tidak, Anda cukup berjemur santai di pantai pasir putih dan bermain voli. Pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan di sini adalah berkunjung ke tempat penangkaran penyu sisik.

5. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa terkenal sebagai kampung sunset dengan pemandangan hutan mangrove yang indah. Anda juga akan melihat air laut yang jernih bertemu dengan pasir putih. Pulau ini menyediakan fasilitas semi resort dan bisa memancing ikan atau snorkeling. Ada pula fasilitas watersport seperti banana boat, jet ski, dan kano

6. Pulau Pari

Pantai Pasir Perawan adalah objek wisata yang terkenal dari pulau ini. Ada banyak hal yang bisa lakukan di Pulau Pari, seperti mencoba watersport dan snorkeling atau diving melihat terumbu karang. Anda juga bisa menanam bakau, bersepeda keliling pulau, atau bahkan berkunjung ke lembaga penelitian biota laut LPI.

7. Pulau Ayer

Objek wisata satu ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan Presiden Soekarno dan raja-raja Banten. Sekarang di Pulau Ayer sudah dibangun resort bergaya bangunan adat Papua Honai yang mengapung di atas laut dan toko-toko cenderamata.

Masih ada pulau objek wisata di Jakarta lain seperti Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Payung, dan Pulau Sebira. Pulau wisata ini bisa dicapai dengan naik di Pelabuhan Muara Angke. Jadi, pertama Anda harus ke sana dulu dengan kendaraan umum atau rental mobil Jakarta Timur tanpa supir.

Di Muara Angke, ada kapal Dinas Perhubungan Jakarta yang akan mengantar Anda ke pulau tujuan. Biaya yang dikenakan antara Rp40.000,00 sampai Rp70.000,00 tergantung jarak pulaunya ditambah biaya asuransi dan biaya peron masing-masing Rp2.000,00.

7 Pulau Objek Wisata di Jakarta yang Tak Kalah Indah
Scroll to top