Meski sering dilarang, ternyata manfaat ikan sarden kaleng untuk ibu hamil banyak juga. Ikan sarden kaleng dipandang banyak mengandung bahan pengawet, penambah rasa, bahkan natrium lebih banyak. Karenanya, porsi makan ikan sarden kaleng sendiri harus dibatasi dalam 340 gram per minggu dan dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden Kaleng untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi dalam ikan sarden banyak yang membantu ibu dan janin tetap sehat selama 9 bulan kandungan. Apa sajakah itu dan apa efeknya?

  1. Perkembangan Anak

Kandungan DHA dan EPA membantu janin dalam perut ibu berkembang dengan baik. Selain itu, omega 3 juga mendukung anak tumbuh cerdas.

  1. Mencegah Penyakit Tiroid

Yodium penting untuk mencegah penyakit tiroid pada ibu hamil yang lebih berisiko akibat fluktuasi hormon. Mineral ini juga membantu mencegah penyakit hipotiroid pada bayi.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Vitamin D dalam sarden bisa menjaga sistem imunitas ibu tetap kuat. Protein juga bisa menambah energi bagi ibu hamil agar tidak mudah sakit dan anemia.

Biasanya ikan laut dengan omega 3 rentan menyerap merkuri. Namun, sarden mengandung lebih sedikit merkuri, atau bahkan tidak sama sekali. Hal ini menjadikannya ikan yang aman untuk ibu hamil. Merkuri sendiri bisa menyebabkan keguguran berulang calon ibu.

Banyak Gizi, Ini Manfaat Ikan Sarden Kaleng untuk Ibu Hamil
Scroll to top