Novel cinta yang dituliskan oleh Hamka ini menceritakan kisah seorang pemuda yang bernama Hamid bersama dengan kekasihnya. Sinopsis novel dibawah lindungan ka bah yang memiliki banyak cerita inspiratif ini mampu menarik penikmat untuk terus membaca dan mengikuti keseruan alur cerita didalamnya. Tertarik membaca? Berikut ulasan singkatnya.

Diangkat Menjadi Anak Engku Haji Jafar

Sejak usianya yang masih menginjak empat tahun, Hamid sang tokoh utama sudah ditinggalkan oleh ayahnya. Dimana pada masa kecilnya dihabiskan untuk membantu sang ibu dalam memenuhi kebutuhan sehari hari sebagai penjual kue keliling. Saat sedang melakukan aktivitasnya, Hamid bertemu dengan keluarga Engku Haji Jafar yang memiliki hati dermawan dan kaya raya.

Karena Engku Haji Jafar merasa kasihan melihat tetangganya yang menderita, maka ia meminta agar Hamid beserta dengan ibunya untuk bekerja di rumahnya. Tidak sampai disitu saja, tapi Hamid juga diangkat sebagai anak oleh Engku Haji Jafar karena ia adalah anak yang cerdas, rajin, sopan, dan juga taat beragama.

Dengan sikapnya yang selalu ingin membantu, Engku Haji Jafar juga menyekolahkan Hamid ke HIS bersama dengan salah satu anak Haji Jafar yang bernama Zainab. Setelah tamat dari HIS, keduanya juga melanjutkan ke Mulo sampai mereka lulus dan mendapatkan ijazah. Karena Hamid dan Zainab selalu bersama, hal inilah yang menjadi alasan Hamid jatuh cinta pada Zainab.

Namun pada suatu hari ada kabar mengejutkan yang mengatakan bahwa ayah angkat Hamid yang bernama Haji Jafar meninggal dunia. Selang beberapa hari setelah itu, ibu kandung Hamid juga dikabarkan meninggal dunia. Sejak kabar duka itu datang, Hamid pun tidak pernah lagi bertemu dengan Zainab.

Suatu ketika, Mak Asiah yang merupakan ibu angkat Hamid meminta tolong padanya untuk membujuk Zainab agar bersedia dinikahkan dengan keponakan Haji Jafar. Sesuai dengan permintaan Mak Asiah, Hamid pun menemui Zainab. Akan tetapi permintaan tersebut ditolak mentah mentah oleh Zainab karena ia belum ingin menikah.

Semenjak kejadian itulah Hamid tidak pernah  bertemu lagi dengan Zainab. Melainkan ia hanya mengirimkan surat pada Zainab dan berkata bahwa Hamid akan pergi jauh mengikuti langkah kakinya. Surat dari Hamid itulah yang selalu mendampingi Zainab dalam hari harinya yang selalu merasa kesepian.

 

Berkelana Hingga Ke Tanah Suci

Hamid pun melangkahkan kaki ke tanah suci. Di negeri itu dia bertemu lagi dengan Saleh yang merupakan teman Hamid saat bersekolah dulu. Tidak disangka, istri Saleh yang bernama Rosna merupakan sahabat baik Zainab. Lewat surat yang yang dikirimkan oleh Rosna untuk Saleh, Hamid tahu bahwa saat itu Zainab sakit dan mengharapkan kedatangannya.

Namun sayangnya, sebelum Hamid datang Zainab telah menghembuskan nafas terakhirnya. Saleh yang terlebih dahulu mengetahui kabar itu dari istrinya, merasa tidak tega untuk memberitahu berita duka tersebut pada Hamid. Namun karena desakan sahabatnya, Saleh pun memberitahukan kabar tersebut.

Setelah mengetahui kabar itu, Hamid tetap memaksakan diri berangkat ke Mina. Tetapi dalam perjalanannya ia jatuh lunglai sehingga membuat Saleh harus memapah sahabatnya. Seusai acara di Mina, Saleh dan Hamid pun menuju ke masjidil Haram dan mengelilingi ka bah. Pada akhir sinopsis novel Dibawah Lindungan Ka bah, Hamid pun meninggal setelah memanjatkan doa sembari memegang kiswah.

Itulah sepenggal kisah romansa yang diceritakan dalam novel yang berjudul dibawah lindungan kabah. Penyusunan cerita ini memberikan alur kisah yang ringan sehingga cocok dan mudah dipahami oleh semua kalangan karena mengajak pembaca untuk tidak melulu membeda bedakan dari segi harta duniawi, tapi juga dari kecintaan serta kepatuhan para perintah Tuhan.

 

Cerita Sarat Makna, Berikut Sinopsis Novel Dibawah Lindungan Ka Bah
Scroll to top