UTUL merupakan jalur ujian tulis yang disediakan untuk masuk Universitas Gajah Mada. UTUL biasanya dilaksanakan setelah pendaftaran mandiri. Untuk mempersiapkan ujian tersebut, anda pun dapat mengikuti BIMBEL UTUL UGM yang berada di lingkungan terdekat anda. UTUL UGM merupakan jalur seleksi mandiri menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang disebut dengan UTBK. UTUL UGM tidak hanya diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C 2019 melainkan juga 2018 dan 2017.

Jalur yang satu ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat untuk mengikuti seleksi dengan memilih tiga jenis program studi. Program studi yang dimaksud adalah pada program diploma, IV/sarjana terapan, kemudian program sarjana sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti. Kelompok ujian yang ada pada UTUL dibagi menjadi tiga pula.yang pertama adalah ujian sains dan teknologi atau saintek, kemudian ujian sosial dan humaniora atau soshum, ada pula ujian campuran atau saintek dan soshum.

Untuk mendapatkan nilai pada masing-masing ujian biasanya banyak calon mahasiswa baru mengikuti BIMBEL UTUL UGM yang terdapat di masing-masing daerah. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran. Seleksi Mandiri UGM selama ini memang identik dengan UTUL (Ujian Tulis). Akan tetapi, UTUL UGM 2021 tidak lagi berupa ujian tulis. Ujian Mandiri UGM 2021 akan menggunakan komputer computer-based test, yang tentunya sudah tak asing lagi buat kita semua. Skor CBT kelak akan dikombinasikan dengan skor UTBK 2021. Jadi, keduanya sama-sama menentukan kelulusan di Mandiri UGM.

Table of Contents

Persyaratan UTUL UGM

Persyaratan pertama adalah Warga Negara Indonesia. Kemudian Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018. kelulusan SMA/SMK/MA atau sederajat harus memiliki surat keterangan lulus apabila Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional belum dikeluarkan. Hal ini menjadikan sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang terdapat cap/stempel dari sekolah/lembaga. Persyaratan terakhir memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih. Persyaratan tersebut pun dapat berubah seiring dengan berkembangnya waktu.

Apa Saja yang Harus Dipersiapan

Persiapkan diri untuk mengikuti UTUL UGM. Bukan hanya berlatih soal UTUL UGM, namun memahami materi juga tak kalah penting. Disisi lain pun anda yang ingin masuk lewat UTUL UGM dapat mengikuti BIMBEL UTUL UGM. Salah satu tips penting untuk diingat adalah jangan terlalu terpaku pada passing grade UTUL UGM. Selain karena passing grade tidak pernah dirilis secara resmi oleh kampus, terlampau mengkhawatirkan passing grade justru dapat merasa stres berlebihan. Skenario terburuknya, kesehatanmu dapat terganggu, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Materi tes UTUL UGM salah satunya ada Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD ini mencakup Soshum yang terdiri dari Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi lalu Saintek terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia. Kemudian Tes Potensi Akademik (TPA). Lalu ada pula Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Selain menyiapkan tes yang akan disuguhkan dalam UTUL UGM, and apun jaus mencari banyak informasi terkait ujian tulis tersebut. Hal ini untuk mendukung atau mengetahui peluang anda lulus dalam UTUL. Tak jarang pula terdapat calon mahasiswa baru yang giat belajar namun ia tidak mengetahui banyak informasi terkait UTUL. Hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

Persyaratan UTUL UGM yang Harus Diketahui
Scroll to top