Sebagai negara yang amat sangat kaya dan dipandang sebagai negara besar, tentu Indonesia memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta traveling mancanegara. Itulah sebabnya tak sulit menemukan orang asing di hampir seluruh wilayah Indonesia. Baik itu daerah yang tempat wisatanya sudah populer maupun daerah yang belum begitu dikenal di luar negeri.

Kadangkala ada yang sampai menjadi warga negara Indonesia saking cintanya dengan negeri ini. Sehingga semakin banyak orang asing yang datang ke Indonesia karena ingin mengunjungi keluarga mereka yang sudah menjadi WNI tersebut.

Tetapi orang asing yang sudah menjadi WNI seringkali bingung hendak membawakan oleh-oleh apa untuk keluarganya yang mungkin akan kembali ke negara asal. Padahal  ada beberapa oleh-oleh khas Indonesia yang sudah begitu mendunia seperti berikut ini.

  1. Batik

Kain batik adalah kain yang sudah dianggap sebagai suatu warisan budaya dunia. Sehingga bagi orang asing akan menjadi kehormatan jika dibawakan kain batik untuknya.

  1. Wayang

Seperti halnya batik,, wayang juga populer di mancanegara sebagai warisan dunia asal Indonesia. Baik itu wayang golek, kulit dan lain sebagainya.

  1. Rendang

Cukup menarik memasukkan rendang ke dalam daftar ini, tetapi kenyataannya memang banyak orang asing yang suka dan sangat senang mendapat oleh-oleh rendang.

Tentu banyak contoh lain yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Indonesia yang sudah mendunia. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada banyak sekali potensi dari negeri ini di mata dunia.

Oleh-oleh Khas Indonesia Yang Dikenal Dunia
Scroll to top