Bonang merupakan alat musik dalam gamelan Jawa. Tak hanya itu, bonang juga sebagai instrumen melodi di Degung Gamelan Sunda. Bonang sendiri memiliki berbagai macam berdasarkan ukuran dan oktaf yang dihasilkannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan singkat mengenai Bonang pada artikel berikut ini.

Bonang sebagai Kesenian Tradisional Jawa

Kita tahu sendiri bahwa, masyarakat Jawa Tengah menjadi masyarakat yang sangat aktif dalam mengembangkan kebudayaan seninya. Hal tersebut membuat mayoritas masyarakat Jawa Tengah mampu menghasilkan musik dan dapat dimainkan bersamaan dengan alat musik khasnya sendiri. Hingga saat ini, keberadaan dari alat musik Jawa bahkan dikagumi di luar negeri.

Kesenian Bonang menjadi salah satu alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang keberadaanya hingga saat ini tak lekang oleh zaman. Alat musik bonang terbuat dari logam seperti kuningan, perunggu atau besi. Alat musik ini dimainkan dengan dipukul menggunakan pemukul khusus yang terbuat dari kayu dengan lapisan kain atau karet.

Jenis Alat Musik Tradisional Bonang

Bonang dibedakan menjadi dua jenis yaitu bonang barung, dan bonang penerus. Bonang pada jenis barung memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bonang penerus. Bonang barung beroktaf tengah hingga tinggi dan menjadi instrumen-instrumen pemuka pada sebuah ansamble, seperti pola nada yang akan menuntun lagu instrumen lainnya.

Sedangkan untuk jenis bonang penerus, memiliki ukuran yang paling kecil, dan beroktaf tinggi. Untuk cara memainkan bonang penerus, sama dengan cara memainkan bonang dengan jenis sebelumnya. Dalam memainkan bonang penerus hanya tinggal mengikuti kemana alur lagu akan dibawakan dari bonang barung.

Itu tadi ulasan singkat mengenai kesenian tradisional Bonang yang ada di Jawa Tengah. Seiring perkembangan zaman, alat musik tradisional Bonang ini sering dimainkan dalam pertunjukan seni wayang di Jawa. Untuk terus menjaga kelestarian kesenian Bonang, sejumlah acara seperti pernikahan juga menghadirkan Bonang sebagai musik pengiringnya.

Mengulik Sejarah Alat Musik Bonang di Jawa Tengah
Scroll to top