Terdapat jeda waktu ketika ibu yang baru saja melahirkan untuk dapat hamil kembali. Biasanya para ibu untuk menjeda waktu kehamilan kembali, mengantisipasinya dengan memakai alat kontrasepsi atau KB untuk mencegah kehamilan. Sebenarnya menyusui bayi bisa menjadi alat kontrasepsi alami, namun hal ini tidak untuk dalam jangka waktu yang panjang. Para ibu seringkali membutuhkan alat kontrasepsi yang lain untuk mencegah kehamilan untuk waktu yang relatif panjang. Dikarenakan banyaknya jenis alat kontrasepsi yang tersebar di Indonesia, seringkali ibu ragu dan bingung untuk memilihnya. Lantas apa saja alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh ibu menyusui?.

Salah satu alat kontrasepsi tersebar di masyarakat saat ini adalah KB suntik. Apakah aman KB suntik untuk ibu yang sedang menyusui? Pada dasarnya KB suntik untuk ibu menyusui aman dan diperbolehkan. KB suntik ini dikenal dengan KB suntik progestin. KB suntik ini merupakan metode kontrasepsi yang menyuntikkan hormon progestin ke dalah tubuh ibu. KB suntik sebenarnya untuk ibu menyusui ini tidak mempengaruhi produksi ASI.

Selain terdapat KB suntik progestin, adapula jenis pil KB Progestin. Pil KB ini memiliki efektivitas yang tinggi untuk mencegah kehamilan pada ibu. Namun dalam penggunaannya, pil KB ini harus dikonsumsi pada jam yang sama di setiap harinya. Jika melewati jadwal tersebut, ibu sebaiknya menghindari berhubungan intim dahulu.

KB Suntik untuk Ibu Menyusui
Scroll to top