Umum

Bagaimana Cara Mendapatkan SNI Dengan Tepat Dan Mudah

Anda sering melihat suatu produk memiliki label sni. Dengan label tersebut, produk telah melalui tahap uji dan sertifikasi standar nasional. Tujuan dari penggunaan sni adalah memastikan produk dan barang yang dijual memenuhi syarat berlaku dan tidak menyebabkan kerugian di pihak konsumen. Perlu Anda ketahui, label ini berlaku untuk sebuah produk jadi misalnya makanan, pakaian, atau barang lain yang dikonsumsi. Standar tersebut bukan diterapkan bagi perusahaan, sistem, platform, dan sebagainya. Karena memiliki peran penting, perusahaan dan unit bisnis perlu mengerti bagaimana mendapatkan sni dengan benar dan tepat.

Prosedur Daftar SNI Suatu Produk

Sebelum lanjut membahas mengenai prosedur, Anda perlu mengetahui bahwa proses sertifikasi berada di bawah naungan lspro yaitu lembaga sertifikasi produk. Lembaga ini bertugas menerima aplikasi, memeriksa produk, dan memutuskan apakah produk tersebut telah lulus standar minimal. Proses untuk memperoleh sertifikasi cukup panjang tergantung tipe dan level dari produk. Untuk skala umkm, sertifikasi sedikit lebih cepat selama produknya juga tidak sulit saat pengujian. Yang paling sering didaftarkan adalah makanan dan produk olahan lain dimana sampel mudah dikirim ke laboratorium. Bagian berikut ini akan menunjukkan garis besar proses sertifikasi sni.

Dokumen Administrasi dan Teknis

Bisnis dan umkm yang membutuhkan sertifikat ini wajib mengirimkan dokumen. Ada dua tipe yaitu administrasi dan teknis. Masing-masing harus lengkap agar lolos seleksi. Dokumen administrasi berisi surat-surat yang berkaitan dengan perusahaan termasuk pajak, izin, dan lainnya. Selanjutnya, produk membutuhkan dokumen teknis seperti bahan baku, proses pembuatan, dan hasil uji internal. Pastikan semuanya telah lengkap sehingga proses seleksi lebih cepat.

Seleksi Dokumen

Proses seleksi dokumen akan mengecek semua syarat yang dilampirkan. Selain itu, proses ini juga berguna untuk melakukan verifikasi permohonan. Perlu Anda ketahui, tidak semua produk memiliki standar baku sehingga perusahaan harus memastikan dokumen memang bisa dipakai untuk verifikasi. Jika produk yang dimaksud telah memiliki sistem mutu dan sertifikasi, aplikasi permohonan akan masuk ke tahap berikutnya.

Pengujian Sampel

Tim dari pihak lembaga sertifikasi segera melakukan uji sampel. Proses ini tergantung dari tipe produk dan kelengkapan dokumen. Mereka memiliki standar dan prosedur tertentu sehingga suatu produk dinyatakan valid. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses ini lebih cepat ketika suatu produk sudah memiliki ketentuan dan mudah dilakukan pengujian. Tentu saja, Anda sebagai pemohon wajib menunggu selama waktu tertentu.

Keputusan Sertifikasi

Setelah pengujian sampel, ada proses lain yaitu memastikan prosedur produksi dan penunjangnya memenuhi syarat. Mereka datang langsung ke lokasi dan mengecek sertifikasi iso yang telah diterima. Selanjutnya, keputusan sertifikasi muncul lalu produk tersebut menerima hasil final. Dengan keputusan ini, perusahaan dan bisnis dapat memasang logo sni di produk mereka.

Layanan Jasa Sertifikasi SNI

Secara sekilas, proses sertifikasi tampak mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Namun, Anda yang masih baru di bidang ini mengalami kerepotan sebab harus menyiapkan dokumen dan syarat yang diperlukan. Sertifikasi bukan sekedar memberikan sampel dan dokumen. Ada proses lain dimana perusahaan siap siaga ketika menerima kunjungan dan inspeksi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memakai jasa sertifikasi sni. Solusi ini lebih mudah dan murah. Jasa ini telah berpengalaman mengelola dokumen dan pengajuan sertifikasi. Prosesnya jugs cepat dan langsung tepat sasaran tanpa revisi atau pengajuan ulang. Anda tidak ingin kehilangan waktu karena proses yang rumit atau bisa jadi salah. Sebagai solusi, gunakan jasa tersebut dan tunggu hasil sertifikasi yang resmi.

Comments Off on Bagaimana Cara Mendapatkan SNI Dengan Tepat Dan Mudah