Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap bulannya adalah membayar tagihan listrik. Apabila Anda termasuk orang yang memiliki padat aktivitas, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan pembayaran listrik secara online saja. Terlebih, saat ini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Di bawah ini beberapa caranya yang bisa Anda simak lebih lanjut.

Table of Contents

Cara Membayar Listrik Online Mudah

Sangat penting bagi Anda untuk membayar tagihan listrik dengan tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan agar aliran listrik di rumah tidak akan diputus oleh pihak PLN. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk pembayaran tersebut. Apa saja? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Lewat ATM

Bagi Anda yang memiliki ATM, tidak ada salahnya untuk membayar menggunakan ATM. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu berapakah jumlah tagihan yang perlu dibayar. Kemudian siapkan nomor IDPEL. Setelah itu, pilih menu pembayaran. Kemudian Anda bisa memilih menu Listrik/PLN.

Selanjutnya pilih menu Listrik pasca bayar. Jika sudah, Anda bisa memasukkan 12 digit nomor IDPEL yang dimiliki. Dengan begitu, ada banyak informasi yang akan muncul beserta nominal tagihan listrik. Jika sudah maka pilih menu Bayar. Tunggu sampai proses selesai dan dapatkan bukti pembayarannya.

  1. SMS Banking

Cara yang selanjutnya adalah lewat SMS. Pada cara ini tentu saja Anda tidak perlu lagi untuk keluar rumah. Umumnya sudah ada beberapa bank yang memang bekerja sama dengan pihak PLN. Seperti bank Mandiri, BRI, ataupun BNI. Cara membayarnya sendiri sangatlah mudah.

Anda bisa memilih menu message pada ponsel. Kemudian ketik BYR PLN <kode rek> <12 digit ID pelanggan>. Untuk tanda kurungnya tidak perlu ditulis. Kemudian kirim ke nomor berikut 3355. Jika sudah, maka Anda bisa melakukan konfirmasi transaksi. Kemudian kirim kombinasi pin yang diminta. Tunggu sampai terdapat pemberitahuan transaksi berhasil.

  1. Bukalapak

Apabila Anda ingin membayar tagihan lewat aplikasi Bukalapak, maka caranya yakni dengan mempersiapkan terlebih dahulu nomor meter/ID pelanggan yang dimiliki. Kemudian buka aplikasi Bukalapak. Jika sudah, Anda bisa memilih menu Tagihan Listrik. Selanjutnya, masukkan 12 nomor meter.

Setelah itu pilih menu Beli dan masuk ke akun Bukalapak yang aktif. Jika sudah bayar tagihan tersebut sesuai jumlah yang tertera. Jika sudah, tunggu sampai proses pembayaran tersebut berhasil dilakukan.

  1. Indomaret

Anda bisa datang langsung ke gerai Indomaret terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu ID PLN yang dimiliki. Setelah itu beritahukan kepada kasir bahwa Anda ingin membayar tagihan listrik. Setelah itu berikan ID PLN tersebut kepada kasir agar diproses pembayarannya. Tunggu sampai kasir dan Anda mengetahui jumlah tagihannya.

Jika sudah, maka Anda bisa memberikan uang tunai sesuai dengan tagihan listrik. Setelah itu, Anda bisa menunggu kasir berhasil memproses pembayarannya. Dapatkan struk untuk bukti pembayaran yang sudah berhasil dilakukan.

  1. Lewat PPOB

Merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membayar listrik. Cara ini bisa Anda lakukan pada beberapa loket yang memang menyediakan jasa pembayaran listrik. Umumnya loket tersebut sudah melakukan kerjasama dengan PLN. Kemudian yang pembayarannya secara otomatis akan masuk ke ke kas PLN secara realtime.

Itulah beberapa informasi mengenai cara bayar listrik yang bisa Anda lakukan. Setiap cara yang sudah disebutkan tentu sangat mudah untuk dilakukan. Jangan sampai Anda telat membayarkan karena akan terkena denda. Jika ingin memperoleh informasi lainnya yang lebih lengkap maka silahkan kunjungi Bacadenk.

5 Cara Bayar Listrik Online dengan Mudah
Scroll to top