Beragam Manfaat Daun Kelor Menurut WHO dan Khasiatnya untuk Perawatan Wajah

 

Bagi masyarakat, rasanya pohon kelor bukanlah suatu pohon yang terlalu spesial. Pohon ini masih cukup sering dijumpai tumbuh secara liar di wilayah kebun atau tanah kosong. Di hutan dan pengunungan pun akan ada banyak pohon kelor yang bisa dijumpai. Masyarakat tradisional biasanya memanfaatkan daun dari pohon kelor untuk diolah menjadi makanan. Ini bisa dibuat menjadi sayur layaknya sop dengan bahan utama daun kelor. Daun kelor pun bisa dipadukan dengan bahan lainnya dan menjadi pepes serta olahan makanan lainnya. Namun, siapa yang menyangka bahwa daun kelor ini merupakan daun yang dianggap istimewa, bahkan oleh WHO atau World Health Organization. Ini merupakan organisasi kesehatan dunia yang mengatur dan mengelola permasalahan kesehatan di berbagai negara.

Beberapa Manfaat Daun Kelor Menurut WHO

Barangkali banyak orang yang tidak percaya bahwa WHO secara khusus menyebutkan tentang daun pohon kelor ini. Tanaman yang sudah menjadi hal umum di Indonesia ternyata menjadi salah satu tanaman penting. Bahkan, WHO menyarankan agar anak-anak yang masih di masa pertumbuhannya agar mengonsumsi daun kelor secara teratur. Ini  didasari oleh kandungan nutrisi yang ternyata sangat tinggi dalam daun kelor. Dalam komparasi atau perbandingan dengan sayuran atau buah lainnya, terbukti bahwa daun kelor bisa memberikan asupan nutrisi yang lebih besar.

Misalkan saja, dalam gramasi yang sama, vitamin C dalam daun kelor ternyata mencapai tujuh kali lipat dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Padahal, selama ini buah jeruk dianggap sebagai salah satu sumber utama dari vitamin ini. Tak hanya itu, vitamin A dalam daun kelor ternyata hingga empat kali lipat dari vitamin A yang ada dalam wortel. Tidak sebatas pada vitamin saja, kandungan mineral pun cukup tinggi dalam daun kelor. Misalkan saja, kandungan protein dalam daun kelor bisa mencapai dua kali lipat dari kandungan protein di susu. Potasium di daun kelor pun ternyata tiga kali lipat dari potassium yang ada di buah pisang. Karena itu, kemudian kelor disebut sebagai pohon ajaib. Ini tak lepas dari fakta bahwa ternyata pohon kelor telah membantu kebutuhan nutrisi di negara-negara miskin karena daun kelor sangatlah murah dan mudah dijumpai, tapi asupan nutrisinya sangat tinggi. Tak hanya itu, penelitian membuktikan bahwa banyak masyarakat yang menjadikan kelor sebagai bagian dari obat tradisional. Karena itulah, WHO menyarankan konsumsi daun ini pada anak-anak serta mereka yang mengalami masalah malnutrisi.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit Wajah

Yang juga tak kalah menarik adalah manfaat dari daun kelor untuk kesehatan kulit wajah. Kulit wajah terbilang sensitif sehingga perawatannya membutuhkan beragam produk skincare dengan beragam jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Ternyata, daun kelor bisa menggantikan beberapa fungsi dari produk skincare tersebut, termasuk juga untuk pengganti toner terbaik dalam mengatasi jerawat. Toner memang fungsinya adalah untuk mencegah adanya jerawat, dan ternyata daun kelor bisa melakukan itu. Tak hanya mencegah, jerawat yang ada akan bisa hilang lebih cepat dengan menggunakan daun kelor sebagai masker wajah.

Penuaan dini juga ternyata bisa diatasi dengan daun kelor. Masalah yang sering dialami para wanita ini memang cukup merepotkan. Ternyata, ini bisa diatasi oleh minyak kelor serta masker dari daun kelor. Keriput yang ada bisa berkurang dan kulit wajah pun akan kembali kencang serta sehat. Ini karena daun kelor mampu menangkal radikal bebas serta menutrisi kulit. Untuk membuat masker daun kelor, daun bisa dicuci bersih untuk selanjutnya ditumbuh atau dihaluskan. Dengan ini, kandungan dari daun kelor akan keluar dan bisa segera digunakan sebagai masker wajah.  

toner terbaik

Scroll to top