Stasiun Rangkasbitung dengan kode RK termasuk dalam area Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini terletak di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak, Banten dan merupakan stasiun utama yang ada di Provinsi Banten. Stasiun ini terletak di ketinggial 22 mdpl dan termasuk stasiun kereta api kelas besar tipe C.

Stasiun kereta api ini dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 1899. Pada 2017, stasiun ini mengalami elektrifikasi sehingga layanan KRL Commuter Line dapat ditemukan di sini.

Layanan KRL Commuter Line Green Line di stasiun ini dimulai pada 1 April 2017 dengan rute Rangkasbitung–Tanah Abang, pp. Selain melayani KRL Commuter Line, stasiun ini juga melayani layanan Lokal Merak dengan jalur Merak–Rangkasbitung, pp.

Untuk pemesanan tiket, Stasiun Rangkasbitung melayani kartu multi-trip serta kartu uang elektronik perbankan yang berkerjasama dengan LinkAja dan KAI Commuter bagi pengguna KRL Commuter Line. Bagi pengguna Lokal Merak, pemesanan tiket dapat dilakukan dengan datang langsung ke stasiun atau dengan menggunakan sistem pemesanan tiket daring.

Karena merupakan stasiun terbesar yang ada di Provinsi Banten, stasiun ini tidak hanya melayani pemesanan tiket, melainkan menyediakan juga layanan pengubahan atau pembatalam tiket untuk kereta api jarak jauh. Stasiun ini juga menyediakan fasilitas check-in mandiri sehingga pengguna jasa KAI dapat mencetak boarding pass sendiri.

Stasiun Rangkasbitung
Scroll to top