Sama seperti manusia, ciri-ciri kucing hamil juga bisa dilihat dari perilakunya. Tidak hanya perut yang membesar, ada juga ciri fisik dan perubahan perilaku yang bisa diamati. Hal ini penting diketahui oleh para pemilik kucing agar bisa memberikan perlakukan yang tepat. Apa sajakah itu?

Ciri Kucing Hamil Dari Fisik Dan Perilaku

Berikut adalah ciri-ciri kucing bunting yang bisa diamati oleh pemilik kucing selama sembilan minggu kehamilan.

  1. Puting Memerah

Pada minggu ketiga hamil, puting kucing akan terlihat memerah dan membesar. Perubahan ini mudah dilihat oleh mata.

  1. Morning Sickness

Seperti manusia, kucing juga bisa muntah-muntah di pagi hari saat hamil. Perhatikan juga muntah terjadi sesekali, tetapi dalam jangka waktu lama. Periksakan ke dokter jika Anda masih waswas.

  1. Lebih Manja

Biasanya kucing mulai manja di minggu kelima dan keenam kehamilan. Selain itu, calon ibu ini juga lebih malas bergerak karena berat. Mulai minggu kedelapan, kucing akan mencari tempat nyaman untuk melahirkan.

  1. Bulu Rontok

Ciri-ciri ini terjadi karena hormon kulitnya menyebabkan kulit kucing berminyak. Kerontokan biasa terjadi seminggu hingga dua minggu kehamilan dan tidak parah.

Tanda Akan Melahirkan

Pada minggu kesembilan hamil, kucing bisa menunjukkan tanda-tanda melahirkan. Biasanya kucing akan diam di tempat yang sudah dipilih. Kemudian nafsu makannya menurun dan sering menjilat alat kelamin. Ciri-ciri lain kucing akan melahirkan adalah menurunnya suhu badan menjadi sekitar 37.8-38.8 derajat celcius.

Jangan Diabaikan, Inilah Ciri-ciri Kucing Hamil
Scroll to top