Gunung Arjuno termasuk ke dalam sepuluh gunung tertinggi di Jawa Timur, dengan ketinggian 3.339 mdpl. Selain itu, gunung ini juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, setelah Gunung Semeru di posisi pertama, dan Gunung Raung di posisi kedua. Gunung Arjuna ini memiliki sejuta pesona yang membuat para pendaki rela melakukan pendakian berjam-jam lamanya agar bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki Gunung Arjuna ini. Jalur pendakian gunung ini pun cukup banyak, sehingga anda memiliki beberapa pilihan atau jalur untuk menuju ke gunung tersebut.

 

Beberapa Jalur Pendakian Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan sebuah gunung yang berada di Jawa Timur. Secara administratif, gunung ini tepatnya berada di tiga wilayah yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Untuk menuju ke puncak Gunung Arjuno, terdapat beberapa jalur atau rute yang bisa anda lewati, yaitu jalur pendakian via Tretes, Lawang, Purwosari, Karangploso, Batu, dan Sumberawan.

 

Jalur Pendakian Arjuno Via Lawang

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pendakian Gunung Arjuno melalui jalur Lawang, pertama-tama anda menuju ke basecamp Arjuno via Lawang yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kemudian, dari basecamp ke pos 1 menempuh satu jam perjalanan, di awal masuk tersebut anda dapat melihat area perkebunan teh Wonosari. Lalu anda harus melewati pos 1 hingga pos 4 sebelum sampai ke puncak. Setelah melewati pos 4 Plawangan, anda bisa menempuh puncak Ogal-Agil dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

 

Itulah merupakan beberapa jalur pendakian menuju ke Gunung Arjuno, khusus nya jalur pendakian via Lawang yang merupakan jalur favorit para pendaki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jalur Pendakian Arjuno Via Lawang
Scroll to top