Kutu busuk atau kutu kasur mungkin boleh saja tidak berbahaya, namun serangga kecil satu ini bisa membuat kulit menjadi gatal gatal sehingga tidak boleh anda sepelekan keberadaanya. Apalagi kasur yang dihuni oleh kutu busuk ini juga jadi berbau apek, yang tentunya akan membuat anda tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut cara membasmi kutu busuk yang bisa anda lakukan.

Table of Contents

Cara Ampuh Membasmi Kutu Kasur

  1. Air Panas

Kutu busuk atau banyak juga yang menyebutnya dengan nama tinggi, merupakan hewan yang tidak tahan terhadap suhu tinggi atau panas. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan sifat alami dari serangga tersebut untuk membasminya. Jadi anda bisa mencuci kasur menggunakan air panas apabila menemukannya di tempat tidur.

Air panas tersebut bahkan bisa membasmi kutu busuk hingga telur telurnya, sebab kutus kasur ini sendiri biasanya akan bertelur cukup banyak dalam satu kali waktu ketika bersarang di tempat tidur anda. Untuk membasminya sampai tuntas, campurkan air panas dengan sabun anti bakteri terlebih dahulu.

Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan kasur, bantal, guling, maupun selimut yang anda gunakan. Lalu segera jemur kasur tepat di bawah sinar matahari hingga kering. Sinar matahari yang memiliki suhu panas juga akan membantu memastikan bahwa kutu kasur sudah benar benar hilang.

  1. Menjemur Kasur Secara Rutin

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kutu kasur merupakan serangga yang tidak tahan dengan suhu tinggi. Selain itu, hewan satu ini juga menyukai area yang lembap sebagai tempat untuk hidup dan bersarang. Sehingga menjemur kasur secara rutin akan membuat kelembapannya berkurang, dan mencegah kutu busuk untuk bersarang di sana.

Selain itu, panas matahari juga akan membantu membunuh tinggi secara efektif dari kasur anda. Kendati demikian, sebaiknya jangan menjemur kasur terlalu lama agar kasur tidak terlalu kering hingga mengkerut. Cukup lakukan sekitar satu atau dua jam ketika matahari sudah mulai panas. Jangan lupa untuk menjemur kasur beserta dengan bantal hingga selimutnya.

  1. Air Garam

Tidak hanya air panas, cara membasmi kutu busuk juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan air garam. Air garam ini menjadi salah satu cara yang sangat praktis, sebab anda bisa menemukan bahan tersebut dengan mudah di dapur. Caranya sama seperti bagaimana anda membuat larutan oralit untuk mengatasi diare.

Campurkan garam dengan air dan aduk hingga larut, lalu masukkan ke dalam wadah semprot. Gunakan larutan ini untuk menyemprot kasur yang ditinggali oleh kutus busuk. Sejurus kemudian, maka kutu kasur akan keluar dengan sendirinya dan mati. Cara ini juga bisa dilakukan pada sofa maupun karpet yang terserang tinggi.

  1. Cuka

Selain air garam, anda yang memiliki cuka di dapur juga bisa menggunakannya untuk membasmi serangga satu ini. Cuka sendiri memang sejak dulu dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang multifungsi, dimana anda bisa mudah menemukan bahan satu ini. Penggunaannya sendiri bisa langsung dengan cuka tanpa campuran apapun, maupun dicampur air terlebih dahulu.

Tidak jauh berbeda dengan larutan garam, anda perlu memasukkan cuka atau larutan cuka ke dalam wadah semprot agar penggunaannya lebih mudah. Gunakan cuka di dalam botol untuk disemprotkan ke arah kasur tempat kutu busuk bersarang. Maka serangga tersebut beserta dengan telur telurnya akan cepat mati hanya dalam beberapa saat saja.

Tinggi atau kutu busuk memang tidak sampai mengancam nyawa, namun jika sudah menggigit maka bisa menyebabkan kulit menjadi gatal gatal. Beberapa kasus bahkan mengalami alergi dan iritasi ketika terkena kutu kasur, sehingga anda perlu segera bertindak untuk membasminya. Anda juga dapat mengakses mosquitaymari.com untuk cara membasmi hama lainnya.

4 Cara Membasmi Kutu Busuk di Tempat Tidur, Ampuh Sampai Telurnya!
Scroll to top