Gunung Merapi hingga saat ini masih aktif meletus dengan intensitas yang tinggi. Namun begitu, ternyata banyak pendaki yang penasaran bagaimana keindahan puncak garuda yang telah menjadi buah bibir.

Untuk dapat mencapai puncaknya, saat ini ada dua jalur pendakian. Namun, hanya satu yang direkomendasikan, yaitu jalur pendakian Gunung Merapi via Selo.

Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Jalur via Selo sendiri awalnya bukanlah yang dilalui saat ini. Jalur Selo yang dulu sudah ditutup karena terkena dampak erupsi. Untuk sekarang, jalur Selo ini adalah rute baru yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

  1. Akomodasi ke Basecamp

Anda yang dari barat bisa naik kendaraan ke arah Solo, kemudian dilanjutkan ke stasiun Purwosari. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus tujuan Boyolali, dan ganti bus ke arah Pasar Cepogo. Dari pasar Cepogo, lanjutkan naik bus kecil menuju Pasar Selo. Untuk sampai ke basecamp, perjalanan bisa dilanjutkan naik ojek.

Jika Anda dari timur, rutenya dari Stasiun Solo balapan ke Terminal Tirtonadi, lanjut ke Sungginan. Perjalanan dilanjutkan naik bus kecil ke Pasar Cepogo. Untuk sampai ke basecamp Merapi, Anda bisa melanjutkan perjalanan naik ojek.

  1. Rute Pendakian

Sampai di basecamp Barameru, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dan istirahat sejenak karena untuk menuju jalur Selo baru trek sudah cukup padat. Untuk menuju jalur baru ini, butuh waktu 30 menit.

Di sini merupakan tempat penanda masuk kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Dari sini menuju pos 1, estimasi waktunya adalah hingga 3 jam. Selanjutnya, dari pos 1 hingga ke puncak membutuhkan waktu 4,5 jam.

Rekomendasi, Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Scroll to top