Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan ciri khas nya tersendiri yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya. Tak terkecuali Sumatera Barat, di daerah tersebut terdapat Suku Minangkabau yang tentu nya mempunyai warisan budaya yang turun temurun dan memiliki ciri khas nya tersendiri. Warisan budaya tersebut seperti rumah adat, bahasa daerah, serta pakaian adat, dan lain sebagainya. Salah satu pakaian adat Minangkabau yang sudah dikenal se Nusantara hingga ke mancanegara yaitu Baju adat Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang.

 

Mengenal Baju Adat Minangkabau, Bundo Kanduang

Baju adat minangkabau ini terdiri dari berbagai macam, salah satu nya yaitu Baju adat Bundo Kanduang, atau nama lain nya Limpapeh Rumah Nan Gadang yang berarti peran seorang ibu dalam rumah tangga atau keluarga. Berdasarkan makna nya tersebut, maka baju ini dikenakan oleh wanita yang sudah menikah. Limpapeh itu sendiri memiliki makna yang berarti tiang pada bangunan rumah Minangkabau yang fungsi nya untuk menegakkan dan memperkokoh bangunan, sehingga hal itu menjadi simbol bahwa peran sang ibu sangat penting dalam memeperkokoh dan memperkuat sebuah hubungan keluarga.

 

Komponen Baju Adat Bundo Kanduang

Baju bundo kanduang ini sangat unik karena memiliki ciri khas yang tidak dimilki baju adat lainnya. Beberapa komponen baju adat bundo kanduang yang menjadi identitas Suku Minangkabau yaitu tingkuluak atau penutup kepala yang bentuknya seperti atap rumah gadang, baju batabue, sarung atau lambak sebagai pelengkap baju bundo kanduang yang terbuat dari songket, selempang pada bahu yang terbuat dari songket, serta aksesoris kalung, gelang, dan cincin.

 

Itulah merupakan informasi mengenai baju adat Minangkabau, yaitu baju Bundo Kanduang yang memiliki makna filosofis yang dalam serta kental dengan unsur-unsur budaya nya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Baju Adat Bundo Kanduang
Scroll to top