Fakta Tentang Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah salah satu kawasan lindung yang berada di Jawa Barat yang sudah terkenal bagi para pendaki. Ini karena daya tarik keindahan yang diberikan oleh gunung satu ini. Spot favorit para pendaki di gunung ini berada di alun-alun Surya Kencana. Disana kamu akan disuguhkan keindahan dari bunga edelweiss.

Karena keindahan dari gunung ini membuat banyak orang tertarik untuk mendatanginya. Jika kamu ingin dan tertarik untuk mendakinya sebaiknya tahu beberapa fakta berikut ini:

  1. Gunung Pangrangomerupakan kawasan taman nasional yang dilindungi dan menjadi salah satu dari 5 taman nasional yang ada di Indonesia. Yang pertama diumumkan di tahun 1980 lalu.
  2. Lokasi gunung ini berada di tiga kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kabupaten tersebut antara lain adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.
  3. Orang yang pertama berhasil mendaki gunung ini bukan seorang dari negara Indonesia. Melainkan orang berkebangsaan Jerman yang bernama CGC Reinwardt di tahun 1819. Reinwardt juga adalah orang yang mendirikan kebun raya Bogor.
  4. Di tahun 1977 gunung ini telah berhasil menjadi taman nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer.
  5. Gunung satu ini juga memiliki spot terbaik jika kamu ingin menikmati keindahan bunga edelweiss. Yang berada di Alun-alun Surya Kencana, disini para pendaki akan dengan mudah menemukan bunga indah tersebut. Sering kali lokasi ini menjadi tempat camping oleh para pendaki gunung.
  6. Selain alun-alun surya kencana tempat favorit di gunung ini ada Lembah Mandalawangi. Di tempat tersebut tokoh fenomenal di Indonesia yaitu Soe Hok Gie sering menghabiskan waktunya. Bahkan dirinya telah berhasil membuat sebuah puisi yang indah yang diberi judul Mandalawangi Pangrango. Hingga kini puisi tersebut masih banyak disukai.
  7. Walaupun sering dianggap jadi satu, sebetulnya gunung gede dan gunung pangrango sebetulnya dua gunung yang terpisah. Kedua gunung tersebut memiliki tinggi yang berbeda gunung gede memiliki tinggi 2958 mdpl sedangkan gunung pangrango memiliki tinggi 3019 mdpl.
  8. Gunung pangrango tidak pernah meletus, maka dari itu bentuk puncak dari gunung masih berbentuk kerucut yang mulus.

Di atas merupakan informasi mengenai beberapa fakta dari gunung Pangrango yang bisa kamu ketahui. Dengan informasi tersebut bisa membantu kamu yang ingin berencana ke lokasi yang indah tersebut dan menikmati berbagai keindahan alam yang ditawarkan.

Scroll to top